Pilih Bahasa      |        

school and education

Vision University of Buana Perjuangan Karawang ”UBP Karawang has a national reputation and nationality Insightful”.

  • image

      

       

  • image

    MOU Universitat Internacional de Catalunya (UIC Barcelona) 

    UBP Karawang Bereputasi Nasional dan Berwawasan Kebangsaan

  • image

      UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI  

      TUK UBP | Menyediakan Tempat Uji Kompetensi   

  • image

    Universitas Buana Perjuangan Karawang  

      UBP Karawang | Gedung D  

University of Buana Perjuangan Karawang Profile

Home

UBP Karawang Gelar Pelatihan Penulisan Buku Nonfiksi Bagi Para Dosen

Karawang, 15 September 2021. Universitas Buana Perjuangan Karawang telah sukses menyelenggarakan pelatihan penulisan buku nonfiksi bagi para dosen.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang dengan Institut Penulis Indonesia (IPI). Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi untuk mengembangkan kompetensi para dosen dilingkungan UBP Karawang. Pelatihan yang dihadiri lebih dari 100 orang dosen Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan menghadirkan narasumber, yaitu Epik Finilih seorang penulis dan penyunting profesional bersertifikat BNSP.

Kegiatan ini digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 13 sampai dengan 15 September 2021 yang bertempat di ruang Auditorium Gedung Rektorat Universitas Buana Perjuangan Karawang. Meskipun kegiatan ini dilakukan secara tatap muka, namun seluruh peserta dan panitia menjalankannya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dengan menerapkan 3M.

Kegiatan langsung dibuka oleh Dr. H. Dedi Mulyadi, S.E, M.M. selaku Rektor Universitas Buana Perjuangan Karawang. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan, agar para dosen memanfaatkan kesempatan pelatihan ini untuk mengembangkan potensi dan kompetensi dalam bidang penulisan. Beliau juga berharap para dosen Universitas Buana Perjuangan Karawang pada akhirnya dapat menghasilkan karya tulis berupa buku yang dapat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa dilingkungan Universitas Buana Perjuangan Karawang khususnya, dan juga khalayak masyarakat luas pada umumnya demi kemajuan ilmu pengetahuan.

Lepas pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Epik Finilih menyampaikan tentang luasnya peluang menulis dan menerbitkan buku bagi para dosen. Para dosen tidak hanya dapat menghasilkan karya buku ajar saja, namun juga dapat membukukan hasil karya penelitiannya, baik dalam bentuk buku monografi maupun ilmiah popular. Selain itu, narasumber juga menyampaikan bahwa menulis merupakan proses kreatif yang dapat ditempuh oleh siapapun, apalagi para dosen yang sudah memiliki modal pengetahuan dan bahan untuk menulis.

Epik Finilih menyampaikan bahwa ide dapat bersumber dari mana saja, dari pikiran diri sendiri maupun orang lain. Dapat pula bersumber dari faktor-faktor eksternal seperti waktu, tempat, orang, situasi, serta peristiwa. Hal yang harus diurai adalah masalah-masalah yang terkandung di dalam ide tersebut yang kemudian disusun dalam peta pikiran dan dituangkan dalam draf naskah. Sebagai implementasi dari kegiatan pelatihan ini, para dosen mendapatkan tugas untuk menyusun sebuah matriks ragangan naskah buku yang akan direncanakan untuk ditulis.

Tentunya selepas dari kegiatan ini, harapannya para dosen Universitas Buana Perjuangan dapat menghasilkan karya-karya buku yang baik dan berkualitas. Sebuah kebanggaan bagi Universitas Buana Perjuangan Karawang jika mampu secara mandiri menggunakan buku-buku karya para dosennya di dalam kegiatan perkuliahan. Selamat berkarya untuk para dosen UBP Karawang.

Pengumuman

Kepada Seluruh mahasiswa/i Universitas Buana Perjuangan Karawang telah dibuka Program Magang di Buana Online Course (BOC) Tahun Akademik 2021/2022. Syarat Sebagai Berikut;
1. Mahasiwa/i Aktif Semester 3-7 Prodi Sistem Informasi dan Teknik Informatika
2. Bersedia Mematuhi Peraturan yang diterapkan di BOC.
3. Memiliki Integritas dan Attitude yang baik.
4. Mampu Bertanggung Jawab dan dapat di percaya.
5. Mahasiswa/i dengan status tidak bekerja.
6. Pendaftaran pada link bit.ly/MagangBOC2021.
7. Pendaftaran Sampai 10 September 2021.

Benefit yang di dapat;
1. Sertifikat (Universitas) dan penghargaan yang bisa di gunakan untuk SKPI tahun akademik 2021/2022.
2. Surat Tugas langsung dari wakil rektor bidang akademik.

Pengumuman

Kepada seluruh mahasiswa/i Universitas Buana Perjuangan Karawang telah dibuka program magang di Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) Tahun Akademik 2021/2022. Syarat Sebagai Berikut;
1. Mahasiwa/i Aktif Semester 1-5 Prodi Sistem Informasi dan Teknik Informatika.
2. Bersedia Mematuhi peraturan yang diterapkan di PUSDATIN.
3. Mahasiswa/i dengan status tidak bekerja.
4. Mampu Bertanggung Jawab dan dapat di percaya.
5. Pendaftaran pada link bit.ly/magangpusdatin2021
6. Pendaftaran dibuka sampai 25 September 2021

Benefit yang di dapat;
1. Sertifikat (Universitas) dan penghargaan.
2. Diangap dalam matakuliah magang di FTIK / SKPI Tahun Akademik 2021/2022.
3. * dapat dijadikan tugas akhir/Final project.
4. * dapat di publikasikan oleh mahasiswa dan dosen pendamping.

Mahasiswa UBP KARAWANG Raih double Degree

Universitas Buana Perjuangan Karawang kini memiliki 2 orang lulusan dari program double degree antara Universitas Buana Perjuangan dengan Kibi International University. Dua orang lulusan yang meraih ijazah tersebut bernama Febby Tanli Sudiono dan Leo Johan Zedra.

Continue Reading

Universitas Buana Perjuangan Karawang


205

Staff and Lecturer


8489

Student

 

ABROAD

DOMESTIC