school and education

Visi Universitas Buana Perjuangan Karawang ”UBP Karawang Bereputasi Nasional dan Berwawasan Kebangsaan”.

PROFILE

UBP Karawang Selenggarakan UTS Daring dengan media E-Learning

UBP Karawang Selenggarakan UTS Daring dengan media E-Learning

Merujuk dari imbauan pemerintah mengenai upaya pencegahan dari penyebaran virus corona maka Universitas Buana Perjuangan Karawang akan melaksankan Ujian Tengah Semester secara daring menggunakan web http://elearning.ubpkarawang.ac.id/. Sebelumnya Universitas Buana perjuangan karawang juga telah melaksankan perkuliahan secara daring mulai dari pertengahan maret 2020 sampai sekarang.

 

Menurut Bayu Priyatna, M.Kom Salah Satu Dosen UBP Karawang “Perkuliahan daring saat pandemi virus COVID-19 dirasa sangat membantu Dosen/tenaga pengajar dan juga Mahasiswa terutama fasilitas e-learning yang di siapkan oleh kampus UBP Karawang walaupun tergolong baru namun secara pelaksanaan dan kemanfaatannya sudah dapat dirasakan oleh sebagian besar rekan Dosen dan Mahasiswa, apalagi di masa Ujian Tengah Semester (UTS)”.

Menurut Zenal Abidin salah satu mahasiswa prodi Teknik Informatika UBP Karawang “Perkuliahan secara daring di UBP dilaksanakan dengan cukup efektif dan dengan media website elearning yang komprehensif. Sebagian besar sistem pembelajaran tidak jauh berbeda dengan sistem konvensional atau tatap muka. Di daring ini dosen juga secara aktif memberikan materi perkuliahan melalui video conference. kita juga bisa mengisi absensi dan mendownload materi , mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas yang diberikan dosen. Secara keseluruhan system elearning UBP yang bernama BOC sudah memfasilitasi kegiatan belajar mengajar. Bedanya ya hanya metode yang digunakannya menggunakan internet”.

Selanjutnya Zenal juga mengatakan “UTS Menggunakan elearning secara keseluruhan kami tidak menemukan kesulitan yang berarti, karena sebelumnya, di perkuliahan dosen juga dalam waktu tertentu menggunakan sistem elearning untuk proses belajar mengajar, jadi saya dan teman-teman yang lain sudah terbiasa dalam penggunaan elearning ini. Memang saya rasa metode UTS dengan elearning ini menjadi opsi yang efektif mengingat pandemi corona yang sedang terjadi”.

“Semoga sistem elearning BOC tetap intens untuk digunakan dan ditambah lagi fitur-fitur didalamnya terutama dalam menunjang kegiatan akademik mahasiswa”.

Menurut Yogi Firmansyah salah satu mahasiswa UBP “Perkuliahan secara daring untuk awal awal mungkin masih banyak mahasiswa yang agak kesulitan karna ini merupakan sebuah metode baru yang diterapkan. Begitu pun dengan saya yang awal-awal agak bingung ada absensi di elearning karna tidak ada notifikasi dari elearning tersebut yang menyebabkan menjadi tidak absen. Tapi, untuk metode daring ini merupakan sebuah pembelajaran baru untuk kita kedepanya, dengan mengikuti perkembangan jaman yang semakin canggih”.

Menurut Dia ayu puspitasari salah satu mahasiswa UBP Karawang “Pengalaman baru UTS secara online dengan menggunakan e-leraning UBP. Alhamdulilah berjalan lancar, walaupun ada sedikit kendala pada pelaksanaannya tapi masih bisa di antisipasi dengan baik.  Semoga kedepan nya sistem boc bisa lebih baik lagi”.

Artikel lain :
https://jabar.sindonews.com/read/1096/701/dihantui-pandemi-corona-ubp-gelar-ujian-tengah-semester-secara-daring-1586844257