school and education

Visi Universitas Buana Perjuangan Karawang ”UBP Karawang Bereputasi Nasional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Profil

KKN UBP Karawang Usai, Hasilkan 108 Hak Cipta

KKN UBP Karawang Usai, Hasilkan 108 Hak Cipta

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang dilakukan secara daring telah usai dan ditutup pada Senin (5/10/2020) kemarin. Menariknya, KKN tersebut hasilkan 108 hak cipta dan 108 paper penelitian dan pengabdian dosen.

Selain itu, pihak panitia KKN UBP Karawang juga telah menerima 35 artikel karya mahasiswa dengan tiga tema pilihan, yakni potensi desa tersembunyi, potensi desa lain dulu dan lain sekarang, dan Potensi desa permasalahan dan solusi.

Menurut Ketua KKN UBP Karawang 2020, Hanny Hikmayani, KKN pada tahun ini dirasakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada pelaksanaan KKN yang sudah berjalan dilaksanakan dengan menerjunkan mahasiswa ke lapangan dan mahasiswa membuat program, namun pada tahun ini KKN UBP yang mengusung tema “Profil Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dilaksanakan secara daring atau online.

“Mahasiswa yang berpartisipasi dalam KKN ini berjumlah 1034 mahasiswa dan mahasiswi yang disebar di 108 desa dan kelurahan pada 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang,” kata Hanny, Kamis (8/10/2020).

Ia melanjutkan, pada tahun ini, pelaksanaan KKN daring UBP Karawang bekerjasama dengan Pemda Karawang dalam hal ini dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Kesbangpol.

“Untuk KKN tahun ini, kita mencoba membangun sistem KKN secara online yang mana aplikasi ini dibangun untuk memudahkan proses pelaksanaan KKN. Aplikasi tersebut digunakan untuk sarana pencatatan data profil dan perkembangan desa yang sudah dilakukan oleh mahasiswa KKN 2020 dan data tersebut digunakan sebagai acuan dasar untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat dosen UBP Karawang,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Hanny memaparkan, dari 35 paper hasil karya mahasiswa, diperoleh enam artikel terbaik di antaranya :

  1. Transformasi Balongsari, dari Nestapa Menjadi Juara Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta.
  2. Pengembangan Wisata IPAL Wetland Terintegrasi dengan Centra Usaha Kecil dan Kerajinan Rumah Tangga RW 19, Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur.
  3. Mengembangkan Potensi Seni Ukir Kayu Desa Wanakerta melalui Perencanaan Pemasaran (Martini Art) Desa Wanakerta, Kecamatan Telukjambe Barat.
  4. Desa Berdata, Desa Berdaya, Desa Rawagempol Kulon, Kecamatan Cilamaya Wetan.
  5. Sumur Pembawa Berkah (Sumur Awisan Mangkung) Desa Kalibuaya, Kecamatan Telagasari.
  6. Jamur Merang Potensi Unggulan Desa Sumurlaban, Kecamatan Cilebar.

Kemudian dari hasil KKN tersebut, sambungnya, ada sebagian kecil resume data kajian profil 108 desa KKN UBP Karawang, di ataranya jumlah pelajar terdapat jumlah siswa SD menjadi sumber daya terbesar. Jumlah penduduk berdasarkan pendidikan didominasi usia SD dan jumlah penduduk berdasarkan profesi tertinggi adalah dari profesi sebagai karyawan perusahaan, jumlah penduduk berdasarkan usia tertinggi adalah usia 30 sampai 39 tahun, kemudian profil kelembagaan dan ekonomi yang pertama sekolah SD masih menempati jumlah tertinggi dari sektor kelembagaan pendidikan formal, jumlah jenis usaha adalah yang tertinggi dari sektor unit usaha kontrakan, jenis usaha ternak yang paling tinggi adalah jenis peternakan ayam kampung.

“Kemudian yang terakhir adalah dari profil sumber daya alam dari jenis lahan berdasarkan tipe lahan yaitu jenis lahan kering yang masih luas dan dari SDA potensi pariwisata yang paling banyak adalah dari potensi wisata laut. Itulah sedikit potret dari hasil KKN online UBP Karawang tahun 2020 yang dilaksanakan secara online, semoga KKN UBP berikutnya dapat bisa memberikan manfaat bagi Kabupaten Karawang,” tandasnya.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat BPMD Karawang, Badru Tamam, mengaku sangat menyambut baik ajakan kerjasama dengan UBP Karawang terkait dengan tema profil desa.

“Profil desa sangat penting untuk di isi karena menyangkut kepentingan desa itu sendiri,” ucapnya.

Badru pun berharap kegiatan KKN semacam itu terus dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya dilakukan di tahun ini saja.

“Kegiatan KKN seperti ini harus terus dilakukan dan berkesinambungan tidak hanya dilaksanakan pada tahun ini saja, tetapi dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya karena ini sangat membantu sekali Pemkab Karawang, khususnya pemerintahan desa dalam mengisi profiling desa” pungkasnya.

Sumber Artikel : https://prasastijabar.co.id/kkn-ubp-karawang-usai-hasilkan-108-hak-cipta/