school and education

 

Bahasa : Indonesia  | English  | Portal 

Sejarah Pendirian

Sejarah Pendirian

Universitas Buana Perjuangan Karawang didirikan oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (YPPTPP) tahun 2014.YPPTPP membentuk Tim Penyusun proposal pendirian UBP Karawang melalui SK No. 149/SK/A/YPPTPP/IX/2014 yang terdiri atas 10 orang. Dr. H. Dedi Mulyadi, SE, MM ditunjuk sebagai Rektor dengan SK Yayasan No. 151/SK/A/YPPTPP/IX/2014 tanggal 18 September 2014 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Buana Perjuangan Karawang.

UBP Karawang mendapatkan SK pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui SKI Nomor 611/E/O/2014  Tanggal 17 Oktober 2015 tentang Izin Pendirian Universitas Buana Perjuangan Karawang,terdiri dari 10 Program studi yaitu :

  1. Manajemen – S1
  2. Akuntansi – S1
  3. Psikologi – S1
  4. Ilmu Hukum – S1
  5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar – S1
  6. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan – S1
  7. Farmasi – S1
  8. Teknik Industri – S1
  9. Teknik Informatika – S1
  10. Sistem Informasi – S1

Prasasti peresmian operasional UBP Karawang ditanda tangani oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama DIKTIProf. Ir. Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D. tanggal 9 Desember 2014 disaksikan oleh Pengurus YPPTPP,pimpinan UBP dan masyarakat setempat.

Sosialisasi berdirinya UBP Karawang dilakukan dilaksanakan pada 14 Januari 2015 oleh YPPTPP dan UBP dengan mengundang unsurPemerintah Daerah, Kepala SLTA, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Karawang.

UBP Karawang mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru pada bulan Februari 2015. Untuk melengkapi SDM Dosen dan Tenaga Kependidikan serta kelengkapan struktur organisasi maka YPPTPP melakukan rekrutmen kepegawaian pada bulan April 2015. Pengangkatan tersebut untuk memenuhi layanan akademik pada beberapa jabatan pimpinan universitas, pimpinan fakultas, ketua program studi dan administrasi.

Para pejabat baru diberi tugas untuk melakukan revisi dan melengkapi dokumen RIP, Statuta, Renstra, Renop, kelengkapan Tata Kelola Perguruan Tinggi dan Kurikulum sesuai peraturan Menristekdikti yang terbaru, serta pengajuan Kode Perguruan Tinggi pada laman Forlap Dikti sehingga pada tanggal 6 Mei 2015 UBP Karawang resmi beropersi  dengan kode Perguruan Tinggi Nomor 041062.

Untuk melengkapi persyaratan kepercayaan masyarakat maka sesuai aturan Dikti dapat mengajukan Akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) setelah operasional 2 tahun sejak berdiri, sehingga pada tahun 2016 seluruh program studi yang ada di UBP Karawang telah terakreditasi oleh BAN-PT, sedangkan Akreditasi Institusi akan dilaksanakan pada tahun 2018.