school and education

 

Bahasa : Indonesia  | English  | Portal 

BEASISWA PROGRAM DOUBLE DEGREE

BEASISWA PROGRAM DOUBLE DEGREE

UBP Karawang terus meningkatkan program kerjasama dan kemitraan strategis dengan Kibi International University Japan. Program kerjasama yang mulai di-

 

8 MAHASISWA UBP KARAWANG PENERIMA BEASISWA PROGRAM DOUBLE DEGREE

BERANGKAT KE KIBI INTERNATIONAL UNIVERSITY JEPANG

UBP Karawang terus meningkatkan program kerjasama dan kemitraan strategis dengan Kibi International University Japan. Program kerjasama yang mulai dirintis pada

bulan September 2016 dan ditandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) pada bulan Desember 2017 di Jepang ini terus menerus dilaksanakan dengan ditingkatkan dari segi kualitas dan kuantitas kerjasama.
Pada tanggal 20 September 2018 ini, 8 orang mahasiswa UBP Karawang akan diberangkatkan ke Kibi International University Japan untuk mengikuti program double degree di Kibi International University Japan. Sebelumnya 8 orang mahasiswa ini dikarantina dan dididik untuk bisa menguasai bahasa Jepang dan juga memahami karakter dan budaya Jepang selama 2 bulan penuh. Para tutor/instruktur bahasa Jepang juga langsung didatangkan dari Kibi International University Japan. Setelah akhirnya dilakukan seleksi dan test yang sangat ketat akhirnya 8 orang mahasiswa ini dinyatakan lulus dan memenuhi syarat dengan memperoleh certificate of eligibility dari Kementerian Hukum Pemerintah Jepang (Ministry of Justice, Japanese Government).
Selain akan menempuh pendidikan formal di Jepang, 8 orang mahasiswa ini juga mempunyai kesempatan sambil bekerja pada sektor-sektor formal di Jepang dan mendapatkan upah/gaji yang sangat layak. Program ini juga dibantu secara penuh oleh pihak Kibi International University Japan untuk memfasilitasi para mahasiswa untuk dapat bekerja secara profesional dan mandiri di Jepang.
Pada saat pelepasan mahasiswa tanggal 19 September 2018 para peserta program double degree mahasiswa UBP Karawang dilepas secara resmi di Kampus UBP Karawang oleh Ketua Umum Yayasan (Ir. H. Iman Sumantri), Sekretaris Umum Yayasan (H.Dadang Fakhruddin, Drs., MM.) dan Rektor UBP Karawang (Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., MM.), Para Wakil Rektor dan Para Dekan juga dihadiri oleh seluruh orang tua dari mahasiswa peserta. Pihak yayasan dan rektorat merasa bangga dan apresiasi dengan keberhasilan 8 orang mahasiswa ini yang telah melalui proses seleksi yang sangat ketat dari jumlah peserta 65 orang sampai terpilih 8 orang, sehingga bisa memenuhi kriteria sebagai peserta progam double degree dan mendapatkan beasiswa dari UBP Karawang dan Kibi International University Japan. Pada saat pelepasan juga dibacakan SK Rektor UBP Karawang tentang 8 orang nama-nama penerima mahasiswa program double degree sekaligus penandatangangan surat perjanjian antara mahasiswa dengan Rektor UBP Karawang yang disaksikan oleh Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II. Pada saat acara tersebut juga diserahkan secara langsung dana beasiswa untuk 8 orang mahasiswa UBP Karawang. Pesan yang disampaikan agar seluruh mahasiswa dapat menjaga kesehatan, belajar dengan gigih untuk memperoleh standar nilai akademis yang sesuai, mempunyai daya juang dan tetap mempunyai wawasan kebangsaan yang kuat. Jadi jumlah keseluruhan mahasiswa UBP Karawang yang menempuh pendidikan di Kibi International University Japan berjumlah 10 orang mahasiswa, setelah sebelumnya ada 2 orang mahasiswa yang sudah berangkat pada bulan September 2017.
Kerjasama dan kemitraan strategis UBP Karawang dan Kibi International University Japan ini juga akan dilakukan pengembangan diantaranya dengan program internship (pemagangan) bagi mahasiswa terutama program studi manajemen dan bisnis. Program internship ini akan disosialisasikan kepada seluruh mahasiswa pada akhir tahun 2018 ini. Program internship ini berupa pengiriman mahasiswa untuk melakukan magang kerja selama 1 (satu) tahun secara penuh di Jepang untuk magang di perusahaan dan industri manufacture dan perdagangan di Jepang. Peserta magang akan mendapatkan upah/gaji dan pendapatan yang layak dari perusahaan tempat magang dan tentunya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.