school and education

 

Bahasa : Indonesia  | English  | Portal 

KARIR DAN INFORMASI KERJA MAHASISWA DAN LULUSAN

  1. Penyebaran Informasi Kerja
    Universitas Buana Perjuangan Karawang baru berdiri kurang lebih tiga tahun. Sudah barang tentu belum memiliki lulusan atau alumni. Penyebaran informasi kerja selama ini dalam bentuk media online, Informasi lowongan kerja yang datang dari perusahaan, instansi, dosen, tendik, maupun mahasiswa diunggah pada website UBP Karawang dengan alamat www.ubpkarawang.ac.id. Informasi tersebut bersumber dari UPT Pusat Karir http://career.ubpkarawang.ac.id/.  Penyebaran informasi kerja juga melalui website masing-masing fakultas yaitu http://ftik.ubpkarawang.ac.id, http://ftbis.ubpkarawang.ac.id, dan http://fkip.ubpkarawang.ac.id.  Selain itu juga melalui  majalah dinding, dan whatsapp didistribusikan ke Fakultas, Prodi, dan Hima.  Sebagian besar mahasiswa UBP Karawang belum bekerja, namun banyak juga mahasiswa UBP Karawang merupakan karyawan perusahaan yang tersebar di wilayah Karawang, Purwakarta dan Bekasi. Mereka bekerja sambil kuliah. Tujuan mereka kuliah untuk meningkatkan karir di perusahaannya masing-masing. Pada saat di perusahaannya ada lowongan kerja, mereka menjadi sumber informasi kerja.

  2. Penyelenggaraan Bursa Kerja
    Tiga tahun terakhir UBP Karawang belum menyelenggarakan bursa kerja, namun mahasiswa UBP Karawang terlibat dalam kepanitian bursa kerja yang dilakukan Universitas Singaperbangsa Karawang sebagia media pembelajaran untuk menyelenggarakan kegiatan bursa kerja kampus.  Kedepan UBP Karawang berkomitmen untuk menyelenggarakan bursa kerja (job fair atau expo) secara terjadwal dan berkesinambungan. Sementara ini UBP Karawang telah menjalanin kerjasama dengan beberapa instansi dan perusahaan yang ditindaklanjuti dengan kegiatan magang/kerja praktek dan kunjungan industri, sebagai langkah awal untuk penyelenggaraan bursa kerja.

  3. Perencanaan Karir
    Perencanaan Karir untuk mahasiswa UBP Karawang dimulai dari mata kuliah Kewirausahaan yang bertujuan untuk meningkatan jiwa kewirausahaan.  Selain itu terdapat mata kuliah kerja praktek. Melalui mata kuliah tersebut mahasiswa dituntut mengenal dunia kerja dan magang di suatu perusahaan atau instansi organisasi sesuai dengan program studinya. Diharapkan matakuliah ini menjadi awal mahasiswa memulai karir sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain itu, UBP Karawang memiliki Bimbingan konseling dan pusat karir untuk melatih mahasiswa dan sebagai konsultasi sebagai tahapan perencanaan karir kedepan.

  4. Pelatihan Melamar Kerja
    Pelatihan melamar kerja yang sudah dilakukan adalah dengan menerima kunjungan dari perwakilan jepang KIBI Japan University dalam acara seminar tentang pendidikan dan mencari pekerjaan pada hari Selasa tanggal 24 April 2018.

  5. Layanan Penempatan Kerja
    Layanan Penempatan Kerja belum ada kegiatan mengingat bahwa Mahasiswa UBP Karawang belum ada lulusan. Namun demikian, UBP Karawang sudah koordinasi dengan berbagai perusahaan untuk mengetahui bagaimana kriteria sumber daya yang dibutuhkan saat ini supaya lulusan UBP karawang dapat bekerja di perusahaan yang bersangkutan. 

Tabel 3.18 Program layanan bimbingan karir dan Penempatan Kerja

No

Program

Kegiatan

Hasil Kegiatan

1

Penyebaran Informasi Kerja

a.  Kerjasama dengan Dunia Usaha

b.  Penyebaran Informasi Kerja melalui media Online, Depnaker.

a. MOU dengan Perusahaan sebanyak 10 kerjasama.

b. Jumlah mhs bekerja di perushaan saat ini mencapai 65 %

2

Penyelenggaraan Bursa Kerja

Pelaksaaan Bursa Kerja Bekerjasama dengan Unsika tanggal 24-25 Januari 2017

Peningkatan Jumlah Mhs yang bekerja

Tahun 2015 32 %

Tahun 2016 41 %

Tahun 2017 65 %

*data lihat di PDPT

3

Perencanaan Karir

Pembinaan Karir Mahasiswa

  1. Wajib Ikut LDKM (latihan dasar kepemiminan mahasiswa)
  2. Wajib ikut PKKMB
  3. Wajib ikut kegiatan organisasi mahasiswa
  4. Kerja Praktek
  1. Memiliki jiwa kepemimpinan
  2. Pembentukan mental, karakter dan sikap mahasiswa lebih baik
  3. Menumbuhkan kerja sama dan jiwa organisasi
  4. Memiliki pengalaman kerja dalam perkuliahan.

4

Pelatihan Melamar Kerja

Akan dilaksanakan pada semester 7. Sekarang mhs baru masuk di semester 6

Kegitan melamar kerja sekarang ini masuk pada MK Mewirausahaan yang wajib diikuti oleh seluruh mhs UBPK

5

Layanan Penempatan Kerja

Akan dilaksanakan pada setelah ada Lulusan

Saat ini belum dilaksanan.