school and education

 

Bahasa : Indonesia  | English  | Portal 

Seminar Nasional Inti Dasar Capaian Pendidikan dengan tema “Peneguhan Karakter Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi”

Seminar Nasional Inti Dasar Capaian Pendidikan
dengan tema “Peneguhan Karakter Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi”

WhatsApp Image 2019 10 28 at 13.30.20

Pada tanggal 28 Oktober 2019 bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda, Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan Kemenristekdikti menyelenggarakan seminar nasional inti dasar capaian pendidikan (IDCP) yang mengambil tempat di auditorium lantai 3 gedung BPPT 2 Jakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 200 orang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Prodi PPKn UBP Karawang menghadiri acara tersebut diwakili oleh Kaprodi PPKn Yogi Nugraha, M.Pd. Dalam seminar tersebut disampaikan oleh majelis pendidikan (MAPEN) bahwa IDCP adalah upaya untuk menyempurnakan bobot kurikulum yang dulunya terfokus pada knowledge, skill dan attitude akan dilengkapi dengan bobot value (nilai) dan spiritualitas (spirituality).

Kedepan, bukan hanya matakuliah wajib kurikulum saja yang dibebankan untuk mentransfer nilai-nilai karakter kepada mahasiswa, akan tetapi semua matakuliah diharuskan untuk menyempurnakan nilai-nilai karakter didalam proses perkuliahan.

Perkembangan era industri 4.0 membuat kita tidak selalu harus belajar dari masa lalu, akan tetapi kita perlu belajar dari masa depan karena mahasiswa generasi milenial belajar lebih dahulu melalui teknologi. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dirjen Belmawa Prof. Ismunandar,  Direktur Pembelajaran DR. Paristiyanti Nurwardani, Majelis Pendidikan Kemenristekdikti, Pemateri dari UGM, UI, Unpad, dan Binus.

WhatsApp Image 2019 10 28 at 13.37.57