Pilih Bahasa      |        

school and education

Visi Universitas Buana Perjuangan Karawang ”UBP Karawang Bereputasi Nasional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Profil

UBP Karawang Gelar Pelatihan Penulisan Buku Nonfiksi Bagi Para Dosen

UBP Karawang Gelar Pelatihan Penulisan Buku Nonfiksi Bagi Para Dosen

Karawang, 15 September 2021. Universitas Buana Perjuangan Karawang telah sukses menyelenggarakan pelatihan penulisan buku nonfiksi bagi para dosen.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang dengan Institut Penulis Indonesia (IPI). Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi untuk mengembangkan kompetensi para dosen dilingkungan UBP Karawang. Pelatihan yang dihadiri lebih dari 100 orang dosen Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan menghadirkan narasumber, yaitu Epik Finilih seorang penulis dan penyunting profesional bersertifikat BNSP.

Kegiatan ini digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 13 sampai dengan 15 September 2021 yang bertempat di ruang Auditorium Gedung Rektorat Universitas Buana Perjuangan Karawang. Meskipun kegiatan ini dilakukan secara tatap muka, namun seluruh peserta dan panitia menjalankannya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dengan menerapkan 3M.

Kegiatan langsung dibuka oleh Dr. H. Dedi Mulyadi, S.E, M.M. selaku Rektor Universitas Buana Perjuangan Karawang. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan, agar para dosen memanfaatkan kesempatan pelatihan ini untuk mengembangkan potensi dan kompetensi dalam bidang penulisan. Beliau juga berharap para dosen Universitas Buana Perjuangan Karawang pada akhirnya dapat menghasilkan karya tulis berupa buku yang dapat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa dilingkungan Universitas Buana Perjuangan Karawang khususnya, dan juga khalayak masyarakat luas pada umumnya demi kemajuan ilmu pengetahuan.

Lepas pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Epik Finilih menyampaikan tentang luasnya peluang menulis dan menerbitkan buku bagi para dosen. Para dosen tidak hanya dapat menghasilkan karya buku ajar saja, namun juga dapat membukukan hasil karya penelitiannya, baik dalam bentuk buku monografi maupun ilmiah popular. Selain itu, narasumber juga menyampaikan bahwa menulis merupakan proses kreatif yang dapat ditempuh oleh siapapun, apalagi para dosen yang sudah memiliki modal pengetahuan dan bahan untuk menulis.

Epik Finilih menyampaikan bahwa ide dapat bersumber dari mana saja, dari pikiran diri sendiri maupun orang lain. Dapat pula bersumber dari faktor-faktor eksternal seperti waktu, tempat, orang, situasi, serta peristiwa. Hal yang harus diurai adalah masalah-masalah yang terkandung di dalam ide tersebut yang kemudian disusun dalam peta pikiran dan dituangkan dalam draf naskah. Sebagai implementasi dari kegiatan pelatihan ini, para dosen mendapatkan tugas untuk menyusun sebuah matriks ragangan naskah buku yang akan direncanakan untuk ditulis.

Tentunya selepas dari kegiatan ini, harapannya para dosen Universitas Buana Perjuangan dapat menghasilkan karya-karya buku yang baik dan berkualitas. Sebuah kebanggaan bagi Universitas Buana Perjuangan Karawang jika mampu secara mandiri menggunakan buku-buku karya para dosennya di dalam kegiatan perkuliahan. Selamat berkarya untuk para dosen UBP Karawang.